Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 23 Februari 2012

Mengenal Halaman Statis Blog

Static Page

Halaman Statis (static page) adalah halaman suatu blog yang bukan merupakan bagian dari urutan posting. Hal ini sudah sering dibahas pada blog lain, tapi agar blog ini selalu update, saya juga ikutan ngebahas untuk Mengenal Halaman Statis Blog.

Halaman jenis ini hampir mirip dengan halaman website yang bersifat mandiri dan dapat diberi aturan tersendiri sesuai keinginan. Meskipun demikian, halaman statis pada blog masih memiliki aturan general sesuai template dan styling-nya (CSS).

Berbeda dengan halaman posting (artikel), halaman statis tidak berada pada urutan waktu tertentu. Apabila ditampilkan, dia bersifat individual dan terdiri dari satu posting saja; sedangkan halaman posting dapat ditampilkan secara bersamaan dengan halaman posting yang lain, misalnya: ada 5 posting dalam satu halaman yang ditampilkan. Fitur ini ditambahkan pada Blogger sekitar awal 2010 untuk mendukung kebutuhan user akan halaman statis.

Halaman posting memiliki url dengan folder dan subfolder yang diurutkan berdasarkan tahun dan bulan. Setelah itu baru diikuti dengan file html posting yg akan ditampilkan. Sedangkan pada halaman statis, folder yang digunakan untuk menyimpan file adalah "p" yg merupakan singkatan dari "page", setelah itu diikuti dengan file html yg akan ditampilkan. Pada sistem blog, halaman posting akan ditata/diarsipkan berdasarkan urutan waktu terbaru. Halaman terbaru berada di bagian teratas. Inilah sebenarnya konsep blog, dimana setiap posting selalu berkesinambungan, seperti halnya ketika kita membuat status di Facebook. Sedangkan halaman statis diatur untuk ditampilkan secara independen, tanpa mengandung urutan posting berdasarkan waktu, serta tidak diarsipkan.

Fungsi halaman statis

Halaman statis bukan difungsikan sebagai halaman untuk menampilkan posting artikel. Karena bersifat timeless (tidak mengandung url waktu dan tidak diarsipkan berdasarkan waktu), halaman statis sangat cocok digunakan untuk memuat berbagai informasi yang langsung berkaitan dengan blog, misalnya tentang blog atau tentang pemilik blog (about me), kontak (contact form), daftar isi/sitemap, pemesanan space iklan, dan berbagai jenis posting fitur blog yang ingin ditonjolkan namun tidak diinginkan menjadi bagian posting. Anda bisa melihat Contoh halaman statis pada blog saya Techno Blog pada Link Content di sudut kiri atas halaman Blog.


Cara membuat halaman statis Blogger :

Bagi pengguna dashboard Blogger Interface lama:

Dashboard >> New Post >> Edit Pages >> Add New Page

Bagi pengguna dashboard Blogger Interface baru:

Dashboard >> Klik menu Dropdown >> Klik Pages >> Klik New Page >> Klik Blank Page

Happy Blogging !!!

4 komentar:

Zamrud Hijau mengatakan...

Info yang baguz sekali untuk disimak.....
Bermanfaat sekali untuk saya....

Mohon kunjungan baliknya yaa....
Dan saya juga sangat berterima kasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

( http://zamrudhijau.blogspot.com/ )

Techno Blog mengatakan...

Thanks atas kunjungannya, saya pasti akan berkunjung ke blog anda.
Happy blogging !

Emas Online mengatakan...

sob edit html untuk menambahkan home, business, downloads dll gmn.? apakah saya harus pake template dari luar blogspot ya.? thx..

Techno Blog mengatakan...

@Bung Dedek : Sebaiknya ga usah repot edit HTML, cari aja template yang udah dipasangin Tag Navigasi. Tinggal edit isi yang akan disajikan. Ngomong-ngomong, punya saya ini juga belum sempat diedit.. he.. he.. (jadi malu..)
Pada kesempatan lain saya akan coba posting cara menambahkan tag tersebut pada blog.
Thank's atas kunjungannya, moga lancar bisnis emasnya.

xiaomi